Bupati Intan Jaya Ajak Berjuang Bersama Mengisi Kemerdekaan Pada Saat Momen HUT RI ke 77

SUGAPA – Peringatan Detik – Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-77 dipusatkan di Kantor Bupati Kampung Mamba Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, berjalan lancar dan aman, Rabu (17/8/2022).

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni dihadiri TNI-Polri, Muspida, tokoh agama, tokoh perem puan, tokoh pemuda dan tokoh Adat.

Usai upacara bendera, dalam acara ramah tamah dirangkaikan dengan pemberian beragam hadiah kepada para pemenang lomba di masyarakat untuk menyambut 17 Agustus 2022.

Kegiatan kemasyarakatan tersebut antara lain lomba Lari tingkat Sekolah hingga Umum, Lomba Volly Putri dan Putra serta Lomba Bola Kaki.

Dalam amanatnya, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni mengajak semua pihak untuk memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena telah mengaruniakan Kemerdekaan kepada bangsa kita, bangsa Indonesia yang pada hari ini genap berusia 77 Tahun.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dilaksanakan dengan sangat sederhana dan minimalis namun tetap khidmat.

“Upacara peringatan yang kita laksanakan dengan sederhana ini, jangan diartikan bahwa kita tidak mampu melakukan yang lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi karena kita masih berada dalam suasana keprihatinan yang mendalam serta beberapa kendala yang mengharuskan kita melaksanakan peringatan ini secara tertutup dan terbatas,”tuturnya.

Dikatakannya tongkat estafet perjuangan merebut dan mempertahankan Kemerdekaan sambung menyambung tak mengenal putus. Semangat juang para pahlawan untuk merebut Kemerdekaan mencapai puncaknya dengan pekik merdeka melalui Proklamasi Kemerdekaan yang diproklamirkan pada 77 tahun silam tepatnya tanggal 17 Agustus 1945. Semangat perjuangan dan pengorbanan itu menjadi warisan luhur sejarah yang tidak kenal padam ditengah hantaman perubahan zaman. Hal inilah yang kita warisi dari para pendiri bangsa sebagai mesin pendorong untuk mengisi Kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang.

Kabupaten Intan Jaya dengan Visi ‘‘Mewujudkan Masyarakat Intan Jaya yang Sehat, Pintar dan Sejahtera’’ adalah cita-cita bersama yang sejalan dengan semangat perjuangan meraih Kemerdekaan 77 tahun silam dan sangat relevan dengan Tema Nasional peringatan HUT RI ke-77 Tahun 2022 yaitu “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

“Tema Nasional tersebut mengajak kita untuk terus berjuang mengisi Kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang agar tidak terus menerus terpuruk akibat berbagai permasalahan yang kita hadapi seperti Pandemi Covid-19, ancaman krisis ekonomi, pangan dan energi akibat pengaruh geopolitik global, serta stabilitas Kawasan yang fluktuatif. Untuk itu saya mengingatkan kepada kita semua untuk terus berjuang dengan memaksimalkan potensi dan sumber daya yang kita miliki untuk mempertahankan eksistensi kita sebagai bangsa,”ujarnya.

Lanjutnya perjuangan mengisi kemerdekaan yang dilakukan oleh generasi masa kini sama beratnya dengan perjuangan meraih kemerdekaan yang dilakukan oleh para Pahlawan pada masanya. Oleh karena itu dirinya menghimbau dan mengajak kita semua untuk terus-menerus mengobarkan semangat juang yang tinggi untuk meraih cita-cita luhur bangsa kita yaitu mewujudkan masyarakat yang Makmur, adil dan sejahtera.

ikatakannya lagi para pahlawan berjuang untuk meraih kemerdekaan, dengan mengangkat senjata, kita sekarang berjuang untuk mengisi Kemerdekaan dengan membangun peradaban baru yang penuh damai dan harmoni dalam toleransi keberagaman. Kita memiliki optimisme yang tinggi untuk dapat mewujudkan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik karena kita memiliki modal dasar pembangunan yang kuat melalui kebijakan – kebijakan strategis yaitu,

  1. Otonomi Khusus Papua berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021, yang mana kebijakan tersebut telah mengalami perubahan-perubahan yang konstruktif dengan muatan-muatan keberpihakan dan pemberdayaan masyarakat Papua melalui kebijakan : yang pertama; transfer anggaran langsung dari pusat ke Kabupaten/Kota, kedua ; alokasi kursi DPR Kabupaten melalui mekanisme pengangkatan sebanyak 25% dari jumlah Anggota DPRK hasil pemilihan legislatif, dan ketiga ; adalah formasi 80 : 20 dalam penerimaan CPNS.
  2. Disahkannya Undang-Undang Nomor 15 lahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dengan terbentuknya DOB Provinsi Papua Tengah merupakan jawaban atas kerinduan kita semua termasuk masyarakat Intan Jaya, bahwa dengan adanya Provinsi Papua Tengah akan mempercepat akselerasi pembangunan, dan memperpendek rentang kendali pemerintahan serta mempercepat jangkauan pelayanan, dan membuka lebih banyak peluang dan kesempatan kerja serta hal positif lainnya.
  3. Potensi sumber daya manusia yang melimpah yang didominasi oleh generasi muda (usia 17 s/d 45 tahun) atau disebut bonus demografi merupakan tahun emas untuk meningkatkan daya saing Kabupaten Intan Jaya di kancah regional dan nasional dengan terus meningkatkan kualitas SDM menyongsong revolusi 4.0 dengan melakukan transformasi yang menyelimuti seluruh aspek produksi dari industry berbasis konvensional ke berbasis digital.
  4. Potensi sumber daya alam yang melimpah merupakan modal yang menjadikan kita tetap optimis menatap masa depan yang lebih baik.

Dengan sejumlah keunggulan komparatif diatas diperlukan adanya sinergi antar pemangku kepentingan untuk memaksimalkan seluruh potensi yang ada sehingga berdaya duna dan berhasil guna. Apabila kita semua sepakat, sepaham dan bersatu padu membangun daerah ini, maka saya yakin Masyarakat Intan Jaya yang Sehat. Pintar dan Sejahtera dapat diwujudkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *