Headlines

(Pj) Bupati Intan Jaya Apolos Bagau, ST., Bersama para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Ikut Menandatangani Prasasti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke- 27

Penjabat (Pj) Bupati Intan Jaya Apolos Bagau, ST., bersama para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, ikut menandatangani prasasti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke- 27 di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4).

 

Apolos menjelaskan, otonomi daerah yang merupakan kewenangan bagi daerah untuk mengurus rumah tangganya sendiri, hanya bisa terwujud bila masyarakat daerah menyadari akan kewenangan itu.

“Ini bukti bahwa kebijakan otonomi daerah memberi peluang bagi daerah termasuk Intan Jaya untuk mendekatkan pelayanan publik ke tengah masyarakat,” kata Pj. Bupati Apolos Bagau kepada media dari Makasar, Sabtu, (29/4).

Menurut Apolos Bagau, kebijakan otonomi daerah telah dirasakan manfaatnya bagi daerah, karena masyarakat di daerah diberi kewenangan untuk memutuskan mana yang terbaik untuk daerahnya.

“Jadi kalau saya ditanya apa makna dari peringatan hari Otonomi Daerah ini,maka yang dapat saya katakan bahwa ini sebuah pengakuan terhadap masyarakat di tingkat lokal untuk menentukan arah pembangunan daerahnya,” ujar Apolos Bagau.

“Tanpa kesadaran akan kewenangan itu, kita sulit melangkah untuk menciptakan hal-hal yang baik untuk daerah kita sendiri,” katanya. Itulah sebabnya,  lanjut Apolos, masa depan daerah sangat tergantung dari kesiapan masyarakat dan pemerintah daerah. “Kalau saja, kita tidak siap untuk menciptakan kondisi yang lebih baik untuk kehidupan kita saat ini juga dalam mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik, maka kewenangan itu pun akan sia-sia.,” katanya.

Terkait dengan Intan Jaya, Apolos mengatakan bahwa masih diperlukan inovasi, renovasi, dan motivasi yang tak putus-putusnya, sehingga terwujud transformasi masyarakat menuju suatu  kemandirian masyarakat.

“Fokus kita adalah mewujudkan kesajahteraan masyarakat, karena itu di sini dibutuhkan komitmen bersama para pihak terutama ASN  agar terjadi peningkatan kesejahteraan dan terwujudkan kedamaian dalam masyarakat,” terangnya, “Selamat Hari Otonomi Daerah, semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkahi kita untuk terus optimis menjadi daerah yang maju dan sejahtera. Kita berharap masalah-masalah konflik di Intan Jaya segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali menatap masa depannya,” ucap Apolos Bagau.

Peringatan Hari Otonomi Daerah 2023 mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertindak sebagai Irup dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah di Makassar.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *